Monday, August 22, 2016

10 Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

Kuliner Khas Kebumen - Inilah daftar dan rekomendasi kuliner enak khas Kebumen yang wajib dicoba. Kota Walet ini ternyata mempunyai sejumlah makanan tradisional yang tak kalah lezat bila dibandingkan dengan kuliner kota-kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, atau pun Bandung.

Nah, bagi kamu yang kebetulan lagi liburan atau mudik ke kota Kebumen, sempatkanlah untuk mencicipi sajian kulinernya yang terkenal enak menggoyang lidah. Kalau perlu, bawain beberapa buat oleh-oleh teman atau keluarga kamu. Yuk, langsung saja simak list makanan khas Kebumen yang paling enak berikut.

Daftar Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba


1. Nasi Penggel

Kuliner Khas Kebumen
Kuliner Khas Kebumen Nasi Penggel (Foto : kaskus.co.id)
Nasi Penggel merupakan makanan khas Kebumen yang berupa nasi berbentuk bulat seperti bola pingpong yang disajikan diatas pincuk daun pisang. Nasi tersebut kemudian dikasih sayur nangka (jangan gori) serta lauk berupa kikil atau jeroan sapi.

Satu pincuk umumnya berisi 7–8 penggel. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan pas banget untuk dijadikan sarapan di pagi hari. Seporsi nasi penggel bisa ditebus dengan harga 8–10 ribu rupiah.

Saat ini, makanan khas ini kian langka dan hanya bisa kamu temukan di tempat-tempat tertentu aja. Oya, Nasi Penggel ini konon kabarnya hanya bisa ditemukan ketika pagi hari saja lho, jadi kalau sudah siangan dikit udah susah ditemukan.

2. Sate Ambal

Sate Ambal Kebumen
Sate Ambal Kebumen (Foto : kaskus.co.id)
Siapa seh yang tak kenal dengan Sate Ambal? Bagi kamu yang asli Kebumen atau yang biasa singgah di kota ini tentu sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Sate ayam khas Kebumen yang terkenal dan legendaris ini juga bisa kamu temukan di luar daerah Kebumen.

Sesuai namanya, sate Ambal berasal dari desa Ambalresmi, kecamatan Ambal yang berada di pesisir selatan Kebumen. Sepintas memang mirip dengan sate Madura, namun bumbu yang digunakan sate Ambal ini jauh berbeda.

Kalau sate Madura biasanya menggunakan kacang tanah sebagai bahan dasar bumbunya, lain halnya dengan sate Ambal yang memanfaatkan sambal tempe untuk menciptakan citarasa yang unik lewat rasa pedas yang bercampur dengan jahe dan aneka rempah lainnya.

Sebelum dibakar, daging satenya telah dimasak terlebih dahulu sehingga rasanya lembut dan gurih. Sate Ambal biasanya disajikan terpisah dari bumbunya, lengkap dengan potongan lontong atau ketupat. Untuk menikmati rasa sate Ambal yang maknyus top markotop di Kebumen, kamu cukup mengeluarkan uang antara 10–15 ribu aja. Murah meriah banget bukan?

3. Sale Pisang

Sale Pisang Kebumen (Foto : hipwee.com)
Nah, kalau jajanan khas Kebumen yang satu ini biasanya dibeli untuk oleh-oleh atau buah tangan. Oleh-oleh khas ini berasal dari desa Mangli, kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Sale pisang ini dibuat dari buah pisang yang iris tipis kemudian dikeringkan dengan cara dijemur untuk membuatnya tahan lama. Selanjutnya, pisang kering ini digoreng dengan tepung terigu. Rasanya manis legit dan ada gurih-gurihnya gitu.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

4. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun
Soto Tamanwinangun (Foto : kaskus.co.id)
Tak hanya Kudus dan Semarang yang terkenal akan kelezatan sotonya, Kebumen juga punya soto khas yang rasanya bisa diadu. Gak percaya? Cobain deh soto Tamanwinangun yang berasal dari dari Tamanwinangun, Kebumen.

Berbeda dengan soto-soto lainnya, soto Tamanwinangun ini menggunakan daging entok atau itik Serati. Di setiap suwiran dagingnya, bumbu soto terasa meresap sempurna.

Soto ini tidak menggunakan kuah bening seperti soto umumnya, melainkan memakai kuah santan yang berpadu dengan kaldu entok yang nikmat dan gurih. Seporsi soto Tamanwinangun biasanya dilengkapi dengan potongan ketupat yang bikin kenyang.

5. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng
Yutuk Goreng (Foto : kabarkebumen.com)
Yutuk adalah sejenis hewan laut yang mudah ditemukan di pesisir pantai Kebumen, terutama pantai Petanahan. Oleh warga setempat, hewan bercangkang yang mirip undur-undur ini diolah menjadi bakwan ataupun rempeyek khas yang renyah dan gurih mirip udang.

Jika mampir ke pantai Petanahan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Bakwan atau rempeyek yutuk ini paling enak dijadikan pelengkap saat menyantap pecel yang juga biasa dijajakan di sana.

Harganya murah banget kok hanya 5 ribu untuk seporsi pecel dan seribu rupiah untuk satu peyek yutuk, kamu sudah bisa menikmati makanan khas ini. Oya, rempeyek yutuk ini juga sering disebut dengan nama rempeyek undur-undur.

6. Soto Ayam Petanahan

makanan khas kebumen
Ilustrasi makanan khas Kebumen Soto Petanahan (Foto : masakandapurku.com)
Selain terkenal akan peyek yutuknya, daerah Petanahan juga kondang akan kelezatan sotonya. Salah satu soto khas Petanahan yang terkenal enak adalah soto Sukarman atau yang dikenal juga dengan nama Pak Kored.

Soto Petanahan ini berisi suwiran daging, lengkap dengan toge dan potongan ketupat. Kamu gak akan menemukan potongan kubis dan soun seperti soto pada umumnya.

Kuah soto Petanahan ini tampak kental dan terasa gurih karena disajikan dengan bumbu rempah seperti kunyit dan jahe yang menambah citarasa soto ini. Karena porsinya banyak, seporsi udah bisa bikin kamu kenyang! Tapi, kalau perut kamu masih muat ya silahkan nambah lagi, hehe.

7. Bengkoang

Bengkoang Prembun Kebumen
Bengkoang Prembun Kebumen (Foto : promojateng-pemprovjateng.com)
Kalau Jogja terkenal dengan buah salak dan Malang terkenal akan buah apelnya, maka Kebumen terkenal dengan bengkoangnya. Bila kamu berkunjung ke kebumen maka akan banyak melihat para penjual bengkoang di sepanjang jalan kota Kebumen.

Oya, untuk daerah penghasil bengkoang di Kebumen yang cukup terkenal adalah kecamatan Prembun. Bengkoang khas Prembun Kebumen ini rasanya lebih manis, warnanya lebih putih bersih, dan bentuknya lebih ideal dibanding dengan bengkoang / bengkuang di daerah lain.

Umbi-umbian yang banyak mengandung air ini cocok di konsumsi saat cuaca panas dan biasanya digunakan untuk campuran rujak petis. Cobain deh, benar-benar maknyus lho!

8. Gula Merah

ilustrasi gula merah kebumen
Ilustrasi gula merah khas Kebumen (Foto : satujam.com)
Perlu sobat traveler ketahui, Kebumen merupakan salah satu daerah penghasil gula merah atau guka jawa yang cukup terkenal. Jadi, tak ada salahnya jika kamu membawa pulang gula merah khas Kebumen untuk campuran masakan kamu agar lebih nikmat dan lezat.

Gula merah ini diolah dengan bahan seperti air nira dari pohon kelapa, yang kemudian air nira di masak menggunakan wajan dan api selama kurang lebih 2-3 jam sampai air nira kental.

Air nira yang sudah kental atau sudah menjadi gula cair diangkat dan di aduk, setelah itu gula di cetak kemudian dibiarkan sampai gula itu dingin dan menjadi keras. Oya, gula merah khas Kebumen ini konon kabarnya tanpa menggunakan bahan pengawet lho, jadi lebih aman dikonsumsi bukan?

Baca Juga : 10 Kuliner Khas Bogor Yang Enak Dan Murah Meriah

9. Jipang Kacang

Jipang Kacang Kebumen
Ilustrasi Jipang Kacang Kebumen (Foto : tokopedia.com)
Jipang Kacang adalah camilan manis yang unik untuk dijadikan oleh-oleh khas Kebumen yang murah dan tahan lama. Konon kabarnya, Jipang Kacang ini sudah diproduksi secara tradisional sejak dulu sampai sekarang dengan mempertahankan rasa aslinya.

Bahan-bahannya pun cukup sederhana, yaitu kacang, gula jawa, serta minyak sayur. Sensasi lengket di gigi khas gula jawa sangat terasa saat kamu menikmati makanan ringan yang satu ini. Bagi kamu yang lagi sakit gigi mending gak usah nyobain jajanan ini dulu ya guys.

10. Lanting
Lanting Khas Kebumen
Lanting Khas Kebumen (Foto : harianresep.blogspot.com)
Lanting atau Klanthing termasuk salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang sangat terkenal selain Sale Pisang dan Jipang Kacang. Bahkan kota Kebumen pun sering dijuluki kota Lanting. Makanan kering berbentuk angka delapan ini menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya.

Pada awalnya, lanting ini hanya memiliki dua rasa aja, yaitu original dan bawang goreng. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman kini lanting diproduksi dengan aneka rasa, seperti rasa balado, keju, pedas manis, jagung bakar, dan rasa yang lainnya.

Rasanya yang gurih dan renyah bakal bikin kamu ketagihan loh guys. Mungkin kamu gak akan berhenti memakannya sebelum habis sebungkus. Kalau kamu mudik atau singgah di Kebumen, jangan sampai melewatkan camilan enak yang satu ini.

Nah, itu dia guys aneka makanan lezat khas kota Kebumen yang wajib kamu cobain saat menyambangi kota ini. Bagi kamu yang punyak rekomendasi kuliner enak di Kebumen yang lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

0 comments:

Post a Comment