Sunday, September 18, 2016

20 Tempat Wisata Bagus Dan Menarik Di Solo Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Solo - Berikut ini saya sajikan rekomendasi atau daftar tempat wisata yang paling bagus dan menarik di Solo Jawa Tengah. List yang dibuat ini dilengkapi dengan nama, review singkat, gambar, serta harga tiket masuknya sehingga dapat menjadi referensi liburan Anda di kota Solo dan sekitarnya.

Dilihat dari segi budaya dan tata kota, sekilas ada kemiripan antara kota Solo atau Surakarta dengan kota Yogyakarta. Ada keraton, alun-alun, masjid, serta upacara adat yang dilakukan pada hari-hari tertuntu. Kedua kota ini memang mempunyai catatan sejarah yang hampir sama.

Tak kalah dengan wisata Jogja, sejumlah objek wisata di kota Solo dan sekitarnya juga asik untuk dikunjungi saat libur akhir pekan (baca : weekend). Sebut saja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pandawa Water World yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika hari minggu atau tanggal merah.

Selain kedua tempat tersebut, masih banyak lagi destinasi lain dari mulai wisata alam, kuliner, museum, candi, hingga air terjun yang tak kalah menarik. Nah, kira-kira apa saja ya tempat rekreasi bagus yang ada di Solo Jateng? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Di Solo Yang Bagus Dan Menarik Untuk Dikunjungi

1. Taman Cerdas Kelurahan Jebres

tempat wisata di solo
Tempat wisata di Solo Jawa Tengah yaitu Taman Cerdas Jebres (Foto : IG @steviandromeda)
Taman Kota yang indah dan cantik nampaknya saat ini sedang hapening di kota-kota besar pulau Jawa. Sebut saja Taman Bungkul yang menjadi ikon baru wisata Surabaya atau Taman Film di kota Bandung yang lagi ngehits.

Nah, ternyata kota Solo juga punya taman kota yang bagus banget lho guys, namanya Taman Cerdas Jebres (TCJ) yang terletak di Kelurahan Jebres di utara Solo Techno Park (STP) atau di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Spot menarik favorit wisatawan di taman ini bagian taman yang berbentuk lorong penuh lampion dan lampu-lampu kecil. Disinilah biasanya para anak muda berfoto ria ala anak kekinian lalu mengunggahnya di instagram.

Dengan semakin viralnya foto-foto Taman Cerdas di media sosial, kini teman ini menjadi salah satu tempat wisata baru di Solo yang banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi lokasinya sepertinya dekat dengan stasiun kereta api solo.

Yang asyiknya lagi, tiket masuknya gratis lho guys. Jadi, kamu bisa puas-puasin deh bergaya untuk narsis di taman ini. Jangan lupa bawa kamera full baterai dan tongsis ya! Tak lupa yang penting jaga kebersihan dan keindahan Taman Cerdas.

2. Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo
Pandawa Water World (Foto : indonesia-trade-association.com)
Bagi kamu yang akan liburan di Solo bareng keluarga dan anak-anak, Pandawa Water World bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan 27 wahana air seperti Wave Pool, Action River, Fantastic Slides, Aerated Spa, Warm Spa, hingga Sight Tower, waterpark ini akan membuat kamu puas bermain air.

Oya, untuk lokasi tempat wisata air di Solo yang paling terkenal ini terletak di perbatasan antara kota Sukoharjo dan kota Surakarta. Tepatnya di Gedangan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Untuk harga tiket masuknya Rp.80.000,- per orang (weekdays) dan Rp.100.000 per orang (weekend). Jam buka waterboom ini mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

3. Vihara Dharma Sundara

tempat wisata menarik di solo
Tempat wisata menarik di Solo Candi Putih di Vihara Dharma Sundara (Foto : IG @bendottetapsemangat)
Satu lagi spot cantik tempat wisata di Solo yang instagramable banget, yaitu Vihara Dharma Sundara. Tempat ibadah umat Buddha ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 24-B Pucangsawit, Solo Surakarta, Jawa Tengah.

Saat kamu memasuki area vihara atau wihara yang luas ini, kamu akan disambut dengan suasana sepi dan asri. Bangunan vihara ini memiliki puncak atap yang berbentuk limas dan dikelilingi empat buah limasan lain yang mengelilingi atap tersebut.

Oya, disini terdapat juga Bangunan candi yang berwarna putih. Candi yang cantik dan indah ini memiliki sebuah stupa besar di puncaknya dan beberapa buah stupa yang berukuran lebih kecil berada di puncak-puncak bawahnya. Puncak stupa candi putih ini tampak agak berbeda dengan yang ada di Candi Borobudur.

Karena ini tempat ibadah, maka tiket masuknya sepertinya gratis, asalkan bisa menjaga kesopanan dan ketertiban. Sayang banget lho kalau sudah jauh-jauh ke Solo tak berfoto di vihara yang eksotik ini.

4. Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I

Tahura Ngargoyoso
Tahura Ngargoyoso (Foto : IG @ferydwitanta)
Ingin melepaskan penat dari panas dan keramaian kota Solo? Datang saja ke Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I yang terletak di dusun Sukuh, desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Selain sebagai hutan wisata, Tahura di Ngargoyoso ini juga berfungsi untuk tempat penelitian. Berbagai jenis tanaman serta binatang dikembangkan di sekitar Tahura untuk keperluan penelitian.

Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang alami, membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri. Kamu juga bisa menikmati beberapa objek wisata yang menarik di sekitar Tahura seperti candi Sukuh, air terjun Parang Ijo, Kandang Rusa, dan situs Watu Bulus.

Ada juga sebuah taman dengan kanopi yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang bisa digunakan untuk santa-santai bersama keluarga atau sahabat. Untuk harga tiket masuknya cukup murah meriah kok, nyaman di kantong.

5. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Foto : flickr.com)
Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata bagus dan menarik di Solo yang murah meriah, datang saja ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Harg tiket masuknya cuma Rp.10.000,-. Dengan uang segitu, kamu bisa berkeliling menjelajahi keraton sampai puas lho.

Namun, kamu harus harus mematuhi peraturan yang diberlakukan di tempat ini guys, tak boleh sembarangan seperti di rumah sendiri. Beberapa aturan atau tata tertib disini antara lain melepas topi dan kacamata hitam, tidak boleh memakai celana pendek, serta tidak memakai sandal dan jaket.

Di keraton ini kamu bisa berkeliling menikmati koleksi benda kono di museum seperti kereta kencana, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Asyik bukan? Tempat ini wajib banget dikunjungi bagi kamu yang suka wisata budaya.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

6. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran (Foto : sp.beritasatu.com)
Selain keraton, kota Solo juga punya Pura (Istana) Mangkunegaran yang menarik untuk dikunjungi. Konon kabarnya seh dulunya Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran satu kesatuan, entah kenapa kemudian berpisah sendiri-sendiri.

Di tempat ini wisatawan bisa melihat koleksi peninggalan jaman dahulu, terutama berupa benda sejarah yang berhubungan dengan Raja-raja Mangkunegaran. Beberapa event budaya juga bisa kamu saksikan disini seperti upacara adat dan tari beksan.

Untuk harga tiket masuk Pura Mangkunegaran dibanderol sebesar Rp.10.000,- per orang. Jam buka objek wisata ini mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB (Senin - Kamis), 09.00 - 15.00 WIB (Sabtu - Minggu) dan untuk hari Jumat tutup.

7. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)
Siapa seh yang tak kenal dengan Grojogan Sewu Tawangmangu? Hampir semua wisatawan tentu mengenal tempat wisata indah di Jawa tengah yang satu ini. Grojogan Sewu terletak di sisi barat Gunung Lawu, sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar.

Air terjun cantik ini menyimpan sejuta keindahan yang sangat mengagumkan. Dengan ketinggian sekitar 81 meter, air yang jatuh menyuguhkan keelokan alam yang eksotis dan menambah sejuk udara disekitar.

Oya, disini juga terdapat kera-kera liar yang jinak seperti di Goa Kreo Semarang. Kamu harus tetap hati-hati barangkali ada kera yang usil dan jangan berusaha untuk mengganggunya ya!

Sebagai tempat wisata terindah di Karanganyar, Grojogan Sewu kini dilengkapi dengan arena permainan pendukung seperti Mini Waterboom, Mini Rafting, Out Bond dan Flying Fox. Untuk harga tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp.18.000,- per orang.

8. Candi Cetho

Candi Cetho
Candi Cetho (Foto : piknikasik.com)
Solo juga punya candi yang bagus lho guys, namanya Candi Cetho atau Candi Ceto yang terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar. Candi yang berada di lereng Gunung Lawu ini menyuguhkan suasana sejuk khas pegunungan.

Candi Cetho termasuk candi  peninggalan kerajaan beragama Hindu. Sampai sekarang pun masih sering dikunjungi umat hindu untuk melakukan aktivitas keagamaan. Anda akan dikenai tarif masuk sebesar Rp.7.000,- untuk menikmati keindahan candi ini.

Spot Cantik Candi Cetho Karanganyar
Spot Cantik Candi Cetho Karanganyar (Foto : IG @verrymaenkar)
Sesuai dengan namanya, cetho berarti jelas. Nah, penduduk disini menamakan candi ini dengan sebutan cetho karena lokasinya pas banget untuk melihat dengan sangat jelas pemandangan pegunungan yang mengitarinya yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan di kejauhan tampak puncak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Inilah keunikan dan keistimewaan candi Cetho. Tak hanya itu, relief dan bentuk arsitektur candi ini cocok sekali untuk hunting foto. Tak heran jika banyak para traveler yang mengunggah foto cantik dengan latar Candi Cetho di instagram dan media sosial lannya.

9. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog (Foto : IG @polonekoplak)
Satu lagi tempat wisata alam di Solo yang cukup terkenal, yaitu Air Terjun Jumog. Bila dibandingkan dengan Grojogan Sewu, keindahannya mungkin sebelas dua belas lah alias tak ada bedanya. Keduanya sama-sama menyuguhkan keindahan alam yang eksotis.

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata alam yang indah dan murah, Air Terjun Jumog bisa menjadi pilihan yang pas. Hanya dengan Rp.5.000,- kamu sudah dapat menikmati keindahan air terjun dan bermain air disini.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 30 meter. Namun air terjun ini tetap memancarkan keindahan khas wisata alam. Bahkan konon kabarnya, setiap pukul sepuluh pagi, muncul pelangi di air terjun ini.

Air Terjun Jumog dikenal masyarakat setempat dengan nama The Lost Paradise (surga yang hilang). Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Lawu sekitar 500 meter disebelah barat Candi Sukuh. Bagaimana guys? Tertarik mengunjunginya bukan?

10. Taman Balekambang

Taman Balekambang
Taman Balekambang (Foto : angelinakusuma.blogspot.com)
Siapa bilang di tengah kota tak bisa ngadem? Cobain deh berkunjung ke Taman Balekambang yang terletak di Jalan Ahmad Yani Solo. Taman seluas sekitar 10 hektar ini dipenuhi banyak pohon besar yang berusia puluhan tahun sebagai peneduh alami. Pas banget deh buat tempat ngadem di kota Solo.

Taman Balekambang sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Kamu tinggal pilih saja mau mengunjungi yang mana, tiket masuknya gratis kok, paling cuma bayar parkir.

Taman yang terletak di sisi utara Stadion Manahan ini menjadi tempat wisata favorit di Solo untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga dan anak-anak. Apalagi lokasinya dekat dengan Terminal Bus Tirtonadi dan Stasiun Kereta Api Balapan.

11. Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo
Ngarsopuro Night Market Solo (Foto : tribunsurakarta.com)
Siapa bilang malam-malam gak bisa nikmatin kota Solo? Ada neh tempat wisata malam di Solo yang menarik dan asyik untuk dikunjungi, yaitu Ngarsopura Night Market Solo. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro (Mangkunegaran), Surakarta.

Sesuai dengan namanya, Ngarsopuro Night Market merupakan pasar malam yang diselenggarakan secara rutin pada hari Sabtu dan Minggu sejak pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Di pasar ini, banyak pedagang yang berjualan namun harus memiliki KTP Solo.

Apa saja seh yang dijual di Ngarsopuro Night Market? Barang yang dijual di pasar ini kebanyakan berupa benda-benda kerajinan, batik, oleh-oleh khas Solo, hingga aneka kuliner Solo yang enak dan maknyus.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat panggung hiburan live musik dan performance art, seperti musik jazz, tarian, serta musik etnik yang dibawakan para seniman Solo. Asik dan seru bukan?

Pasar Malam Ngarsopuro sangat ramai dikunjungi oleh anak muda dan menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di Solo. Jam buka atau operasional pasar ini setiap hariSabtu dan Minggu pukul 19.00 – 21.00 WIB.

12. Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman
Kampoeng Batik Kauman (Foto : flickr.com)
Selain Jogja dan Pekalongan, kota Solo merupakan salah satu pusat produksi Batik di Indonesia yang sangat bagus dan terkenal. Tak lengkap rasanya liburan di kota ini tanpa membeli kerajinan batiknya untuk oleh-oleh.

Nah, bagi kamu yang akan belanja berburu batik, langsung saja datang ke Kampoeng Batik Kauman yang berlokasi dekat dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

Kampung ini merupakan sentra kerajinan batik di kota Solo, Jawa Tengah. Produk batik yang dihasilkan di Kampoeng Batik Kauman rata-rata mempunyai warna gelap dengan motif modern.

Batik khas Kampoeng Kauman Solo sudah sangat populer hingga mancanegara, jadi kamu jangan kaget ketika melihat harga batik di tempat ini yang mencapai jutaan rupiah.

13. Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan Solo
Kampung Batik Laweyan Solo (Foto : flickr.com)
Satu lagi pusat batik di Kota Solo yang wajib kamu kunjungi, yaitu Kampung Batik Laweyan. Ciri khas kampung ini adalah arsitektur bangunannya yang bergaya Eropa. Mirip dengan objek wisata di Semarang yang bernama Kota Lama.

Disini, kamu akan menemukan perumahan dengan arsitektur gaya Eropa yang megah nan kokoh. Konon kabarnya pada dulu kala, perumahan tersebut adalah kediaman saudagar batik.

Kampung Batik Laweyan termasuk salah satu tempat belanja batik di Solo favorit wisatawan. Kamu dapat berbelanja berbagai produk kain, termasuk batik, baju, hingga kerajinan lainnya.

14. Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo
Museum Batik Danar Hadi Solo (Foto : klikhotel.com)
Kamu ingin melihat aneka motif batik di seluruh Indonesia dalam satu tempat? Kalau iya, datang aja deh langsung ke Museum Batik Danar Hadi Solo yang terletak di Jl Brigjen Slamet Riyadi, Kota Surakarta.

Di Museum ini, kamu dapat menemukan koleksi corak, motif, dan jenis kain batik lainnya yang tersebar di seluruh Tanah Air. Kalau tak keliru, koleksi batiknya mencapai angka 10 ribu helai kain batik. Tak ayal, Museum Batik Danar Hadi Solo pun dinobatkan sebagai museum dengan koleksi kain batik terbanyak.

Batik yang ada disini pun bukan hanya batik lokal, tapi juga batik dari berbagai negara. Kamu akan menjumpai batik-batik antik yang sudah eksis sejak masa penjajahan Belanda, Jepang, bahkan sampai Indonesia merdeka.

Harga tiket masuk Museum Batik Danar Hadi Solo ini cukup murah kok, hanya Rp.15.000,- sedangkan untuk pelajar Rp.7.500,-. Jam buka mulai pukul 09.00 - 15.30 WIB.

15. Museum Radya Pustaka Solo

Museum Radya Pustaka Solo
Museum Radya Pustaka Solo (Foto : pegipegi.com)
Satu lagi tempat wisata bagus di Solo yang murah, yaitu Museum Radya Pustaka. Harga tiket masuknya cuma 5 ribu rupiah per orang. Museum ini berlokasi dekat dengan Taman Sriwedari tepatnya di Jl. Brigjen Slamet Riyadi 275 Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

Konon kabarnya, Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia yang dibangun pada 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosroningrat IV. Disini kamu akan disuguhkan dengan koleksi benda-benda kuno seperti arca batu dan perunggu dari zaman Hindu dan Budha, senjata keris dan tombak, gamelan, dan prasasti.

Museum ini juga memiliki perpustakaan dengan koleksi buku-buku budaya, pengetahuan sejarah, dan kesusastraan seni budaya baik dalam Bahasa Jawa kuno maupun Bahasa Belanda. Jam buka Museum Radya Pustaka yakni setiap Selasa sampai Minggu pukul 08.30 WIB-14.00 WIB.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

16. Kebun Binatang Taru Jurug

Ilustrasi Kebun Binatang Taru Jurug
Ilustrasi Kebun Binatang Taru Jurug (Foto : solopos.com)
Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata anak dan keluarga di Solo yang menarik, datang saja ke Kebun Binatang Taru Jurug. Boleh dibilang, inilah kebun binatang kebanggaan warga Solo.

Kebun binatang ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan akhir pekan di kota Soloa karena selain bisa mengenalkan anak kepada berbagai macam hewan, tempatnya juga teduh dan sejuk. Banyak pohon-pohon besar dan rindang disekeliling Kebun Binatang Taru Jurug.

Koleksi hewan yang bisa kamu temukan disini antara lain merak hijau, macan tutul, harimau Sumatera, komodo, iguana, kuda, landak, burung, beruang, kera, zebra, unta, buaya, merak, kijang, gajah, siamang, dan lain-lain.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjunginya, bisa lansung menuju ke lokasi di Jl. Ir. Sutami No. 40, Jebres, Solo, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya sekitar Rp.10.000,- per orang.

17. Galabo Solo

Galabo Solo
Galabo Solo (Foto : sewamobilkotasolo.com)
Liburan ke kota Solo tentu belum lengkap tanpa mencicipi sajian kulinernya bukan? Nah, bagi kamu yang suka banget sama wisata kuliner maka wajib deh berkunjung ke Galabo Solo.

Memangnya tempat apaan seh Galabo ini? Galabo atau Gladag Langen Bogan merupakan tempat wisata kuliner malam di Kota Solo yang menyajikan berbagai makanan khas Solo dari mulai jajanan, makanan berat, sampai minuman.

Jadi, dengan mengunjungi Galabo ini, kamu akan bisa menikmati aneka hidangan khas Solo dalam satu tempat. Tak perlu berkeliling ke berbagai warung atau tempat makan.

Galabo terletak di Gladag, Jalan Kapten Mulyadi, Solo, Jawa Tengah. Ancer-ancernya adalah sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di JL. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Sebelah utara berbatasan dengan situs bersejarah Benteng Vastenburg.

Jika siang hari tetap sebagai jalan raya, sedangkan pada malam hari jalan ditutup untuk menjadi arena kuliner dan tempat nongkrong di Solo. Jam buka biasanya mulai pukul 16.00 - 00.00 WIB.

18. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo
Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo (Foto : panoramio.com)
Selain Taman Balekambang, ada satu lagi taman kota yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja saat berwisata ke Solo. Namanya adalah Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping,Laweyan.

Taman ini menjadi tempat wisata di Solo yang bagus untuk anak-anak dan keluarga. Ada sekitar 16 wahana permainan yang menyenangkan, dan terdapat Mini Water Park untuk kamu yang suka berenang.

Disini juga terdapat panggung hiburan serta kafe yang menyajikan menu makanan seperti nasi goreng, mie ayam, bakso, roti bakar, sampai kentang goreng.

Bagi kamu yang gemar akan kesenian wayang, bisa mengunjungi Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana. Harga tiket masuk Taman Sriwedari Solo sekitar Rp.12.000,- dan jam buka mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB.

19. Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer Solo (Foto : muxika.info)
Ini dia tempat wisata belanja di Solo yang paling terkenal, namanya Pasar Klewer. Pasar yang menurut Google Maps terletak di Jl. Kapten Mulyadi Ps. Kliwon Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah ini menjadi pusat tenun dan tektsil di kota Solo.

Di pasar ini, kamu akan menemukan banyak jenis kain dan juga aneka ragam sandang, salah satunya kain batik. Selain kain, kamu juga bisa menjumpai banyak pedagang makanan khas Solo disini. Jadi, kamu bisa belanja kain dan sekaligus menikmati kuliner khas Solo.

20. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret (Foto : IG @anna__rachman)
Cafe Tiga Tjeret (Foto : IG @anna__rachman)
Bagi anak muda, tempat nongkrong yang cozy dan murah tentu selalu menjadi incaran. Salah satunya adalah Cafe Tiga Tjeret yang terletak di Jalan Ronggo Warsito No.97, Surakarta, Jawa Tengah (di depan Pura Mangkunegaran).

Kamu jangan sampai tertipu dengan namanya ya, meskipun namanya cafe namun menu yang disajikan disini adalah menu angkringan atau wedangan. Namun tempatnya benar-benar asyik dan nyaman buat hangout atau kongkow bareng teman.

Perpaduan menu makanan tradisional dan tempat yang modern inilah yang menjadikan Cafe Tiga Tjeret digemari oleh para anak muda, terutama pelajar dan mahasiswa. Cafe ini buka mulai jam 11.00 - 01.00 WIB.

Demikianlah ulasan tempat rekreasi di Surakarta yang bisa saya sampaikan. Keren-keren bukan? Bagi kamu yang punya informasi tentang tempat wisata bagus dan menarik di Solo lainnya bisa share melalui kolom komentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Tempat Wisata Bagus Dan Menarik Di Solo Jawa Tengah

0 comments:

Post a Comment