Monday, January 18, 2016

20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Klaten - Inilah daftar tempat wisata di Klaten Jawa Tengah yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi. Dari mulai wisata alam, tempat rekreasi keluarga, tempat liburan anak, wisata air, wisata terbaru, sampai kuliner Klaten ada semua disini.

Sebagai daerah yang terletak antara Jogja dan Solo, Kota Klaten memiliki lokasi yang cukup strategis sebagai tempat transit bagi para traveler. Meskipun termasuk kota kecil, Klaten memiliki banyak obyek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Akomodasi yang ada di Kawasan Klaten Jateng termasuk lengkap, dari mulai hotel/penginapan, transportasi, rumah makan, dan jalan yang bagus tersedia semua disini. Tak kalah deh sama Jogja dan Solo. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menjelajahi pariwisata Klaten,

Tempat Plesir telah menyiapkan daftarnya. Yuk, simak rekomendasi tempat wisata asik dan seru yang ada di daerah Klaten dan sekitarnya berikut!

Daftar Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Bagus, Menarik, Dan Wajib Dikunjungi

1. Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Tempat wisata air di Klaten yang satu ini pas banget untuk Anda yang ingin merasakan menyelam (diving) sebelum benar-benar terjun ke laut. Umbul Ponggok Klaten bisa menjadi tempat latihan diving atau snorkeling Anda. Kolam alami dengan kedalaman antara satu hingga tiga meter ini kerap dikunjungi oleh wisatawan untuk melakukan snorkeling dan foto-foto bawah air. Maka sangat sayang jika Anda tidak mendokumentasikannya melalui foto.

Pasalnya, ada pemandangan bawah air berupa bebatuan alami yang berpadu dengan warna-warni dari berbagai jenis ikan. Di kolam ini terdapat ikan air tawar dan dasar kolamnya merupakan pasir, sehingga wisatawan bisa snorkeling sambil melihat ikan berwarna-warni disini.

Umbul Ponggok lokasinya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Tempat wisata di Klaten Umbul Ponggok ini merupakan sebuah kolam besar yang berukuran 6000 meter persegi yang juga memanfaatkan sumber mata air sehingga airnya cukup jernih.

2. Obyek Mata Air Cokro (OMAC) / Umbul Cokro Tulung

Umbul Cokro Tulung

Tempat wisata yang bagus di Klaten seluas 10 hektar ini sebenarnya bernama Objek Wisata Mata Air Cakra (OMAC). Namun, lebih terkenal dengan sebutan Umbul Cokro Tulung karena letaknya di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten.

Disini terdapat kolam renang atau semacam waterpark dengan berbagai permainan, selain itu juga tersedia kolam renang alami yang berasal dari mata air murni. Air di objek wisata ini jernih dan segar karena langsung dari mata air Cakra.

Tak hanya itu, wisata Cokro Klaten juga menyuguhkan wahana lainnya, seperti waterboom, kolam arus, kolam slinder, jembatan goyang, dan flying fox. Cocok buat tempat liburan anak dan keluarga di Klaten.

3. Museum Gula Jawa Tengah

Museum Gula Jawa Tengah

Museum Gula Jawa Tengah termasuk salah satu tempat wisata anak dan keluarga yang ada di Klaten. Objek wisata ini lebih dikenal dengan sebutan Museum Gula Gondang Winangoen atau Museum Gula Klaten.

Hal itu karena museum ini terletak di Pabrik Gula Gondang Winangoen milik PTPN IX. Lokasi-nya terletak di Jalan Raya Jogja–Solo Km. 25, Klaten – Jawa Tengah.

Karena berupa museum, maka di tempat ini banyak terdapat berbagai macam benda bersejarah yang ada hubungannya dengan industri gula dan perkembangannya. Beberapa koleksi dari Museum Gula Jawa Tengah adalah peralatan mesin giling yang tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu zaman dulu, maket pabrik gula, macam-macam jenis tebu dll.

Selain museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru juga terdapat agrowisata yang menawarkan wisata keluarga yang menarik serta rest area dan kopi Banaran Cafe. Bagi Anda yang sedang melintas di ruas jalan Yogya Solo dapat mampir disini sekedar melepas penat dan menikmati secangkir kopi atau teh.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Secara geografis, Candi Prambanan memang termasuk wilayah Sleman, D.I. Yogyakarta. Namun, karena lokasinya terletak di perbatasan Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta, maka candi ini terkenal juga sebagai salah satu tempat wisata yang bagus di Klaten Jawa tengah.

Candi Prambanan bisa dikatakan sebuah objek wisata yang sudah mendunia. Tempat ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan asing. Tak salah jika Candi Prambanan masuk dalam daftar tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi.

Candi Prambanan merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-9 yang memiliki ketinggian bangunan sekitar 47 meter. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan Candi Hindu tercantik didunia dan juga Candi Hindu terbesar di Indonesia. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk Candi Prambanan sekitar Rp. 20.000,-/orang.

5. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Luweng Sampang termasuk tempat wisata air terjun di Klaten yang eksotis dan indah. Bahkan ada yang menyebutnya mirip Grand Canyon. Lokasi dan alamat air terjun ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk lokasi tepatnya ada di di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Namun berbatasan langsung dengan Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Oleh karena itu, air terjun ini dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno.

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang memiliki bentuk dan ornamen unik hasil pengikisan air sungai yang terlihat jelas melukis badan sungai yang berupa batu. Air terjun kecil tampak dari celah yang membelah batu sehingga membentuk gua atau luweng. Hal tersebut yang menyebabkan air terjun ini disebut Luweng Sampang.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Bagus Dan Menarik Di Solo Jawa Tengah

6. Curug Bayat / Curug Indah Tegal Rejo

Curug Bayat

Secara administratif. Curug Indah Tegalrejo ini sebenarnya terletak di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi, masyarakat setempat juga menyebutnya Curug Bayat, karena lokasinya yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten.

Untuk akses menuju ke tempat ini, memang jauh lebih cepat jika Anda melewati Klaten lalu belok ke selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta, Anda bisa sampai ke Curug Indah Tegalrejo dalam jangka waktu 1 jam, dengan menggunakan motor atau mobil.

Curug atau air terjun ini termasuk tempat wisata alam di Klaten yang masih jarang dikunjungi. Air terjun ini terdiri dari beberapa curug yang bertingkat dan dinaungi pepohonan hijau di kanan kirinya.

Kalau Anda punya nyali, bisa mencoba terjun dari atas tebing ke curug di bawahnya. Tapi hati-hati, karena curugnya cukup dangkal. Salah-salah Anda malah bisa cidera saat berlibur.

Untuk datang ke curug ini, Anda hanya dipungut biaya parkir yang dikelola oleh warga sekitar. Di Curug Indah Tegalrejo suasana asri khas pedesaan akan terasa sangat kental. Anda tidak akan sering bertemu sesama wisatawan di sini.

Justru warga sekitar dan anak-anak sekolah yang sengaja mampir untuk menyegarkan badan dengan air dari sumber mata air murni lah yang lebih sering Anda jumpai. Damai, tenang, dan tradisional. Begitulah gambaran Curug Indah Tegalrejo.

7. Deles Indah Klaten

Deles Indah Klaten

Deles Indah Klaten terletak di kaki Gunung Merapi sebelah timur. Tepatnya di desa Sidorejo, kecamatan Kemalang. Objek wisata alam di Klaten yang satu ini menawarkan pemandangan puncak Gunung Merapi yang legendaris dan indah. Harga tiket masuknya cukup murah meriah sekitar kurang dari 5 ribu rupiah.

Potensi wisata di Deles Indah ini sebenarnya sangat melimpah. Kita tak cuma bisa menikmati suasana alam pegunungan dengan pemandangan hijaunya. Ada beberapa peninggalan sejarah yang bisa kita temukan di Deles Indah antara lain Bekas pasanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, serta Gua Sapuangin.

8. Kawasan Janti

Pemancingan Janti

Nah, kalau objek wisata di Klaten yang satu ini cocok buat traveler yang hoby mancing dan kuliner olahan ikan air tawar. Janti merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Polanharjo. Desa ini terkenal dengan area pemancingannya.

Lokasi desa Janti tidak terlalu jauh dari Umbul Ponggok. Memasuki desa Janti kita akan menjumpai banyak pemancingan yang biasanya menjadi satu dengan resto. Saat hari libur kawasan Janti banyak dikunjungi oleh masyarakat dari Kota Solo dan sekitarnya, Jogja bahkan Semarang.

Area persawahan yang luas juga membuat kawasan ini terasa sangat damai. Di kawasan ini juga terdapat sebuah umbul yakni Umbul Nilo. Ukurannya memang tidak terlalu besar namun sudah cukup untuk menyegarkan diri

9. River Boarding di Kali Pusur

River Boarding di Kali Pusur

Bagi Anda yang suka river boarding, wajib deh mencoba wisata air di Klaten yang satu ini. Namanya River Boarding Kali Pusur. Di sungai ini, Anda bakal melintasi tiga desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo, Klaten sejauh 10 kilometer.

Anda bakal merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, jeram dan pelan. Tapi jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.

Untuk bisa menikmati keseruan river boarding ini, Anda perlu menyediakan uang Rp 150.000/orang. Tempat wisata ini letaknya tak jauh dari wisata air Cokro Tulung. Tak kalah seru deh bila dibandingkan dengan cave tubing Goa Pindul atau Kali Suci di kawasan tempat wisata Jogja.

10. Umbul Jalatunda

Umbul Jalatunda/Jolotundo

Kabupaten Klaten nampaknya memang surganya wisata air. Salah satu objek wisata air yang unik adalah Umbul Jalatunda. Disini Anda dapat berenang di kolam pemandian yang luas ditemani ikan-ikan kecil.

Konon tempat ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan, yakni terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda dan masing-masing kolam dipisahkan dengan dinding batu. Kolam pemandian ini terletak di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 kilometer utara Kota Klaten. Anda bisa menikmati kesegaran air yang terus mengalir dengan tiket masuk yang murah meriah yaitu Rp 3.000,-.

11. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler

Lokasi Umbul Kapilaler berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Objek wisata ini adalah tempat pemandian putri yang masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi.

Dasar kolam ini masih berupa batu dan tanah. Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan.

Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama disini.

Tidak dipungut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi.

12. Lepen Kencono

Lepen Kencono

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata anak di Klaten, coba deh datang ke Lepen Kencono. Obyek wisata ini boleh dibilang ramah keluarga dan anak-anak.

Kabar terbaru malahan, Anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias cuma-cuma. Selain airnya yang jernih, ada beberapa jenis permainan di Lepen Kencono, sebut saja slider, jembatan goyang, dan tubbing anak.

13. Candi Merak

Candi Merak

Candi Merak terletak di punggung Merapi, tepatnya di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Candi ini adalah candi Hindu yang ditemukan pada tahun 1925. Karena dulu di sekitar tempat ini terdapat sarang burung Merak, jadinya candi ini dinamai Candi Merak.

Nah, Anda tentu tak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain untuk menikmati keindahan candi yang tersembunyi ini karena relatif masih jarang dikunjungi.

14. Candi Plaosan

Candi Plaosan

Candi yang bercorak agama Budha di Klaten ini, memang sedang naik daun sebagai tempat anak muda untuk berfoto ria. Bahkan sekelas artis Pevita Pearce pun, pernah datang dan memotret candi yang cantik ini di Instagramnya.

Anda bisa menikmati Candi Plaosan ini sebagai latar fotomu ketika waktu senja tiba. Percaya deh! Hasil fotonya akan lebih menarik dan begitu epik! Jadi, jangan ragu buat Anda untuk datang ke candi eksotis ini.

15. Makam Sunan Pandanaran / Makam Tembayat

Makam Sunan Pandanaran

Nah, bagi Anda yang suka wisata religi bisa mencoba mengunjungi Makam Sunan Pandanaran. Yang akan kita datangi kali ini memang sebuah makam, tapi bukan sembarang makam. Terletak di Desa Paseban, Kecamatan Bayat.

Makam Tembayat adalah tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Bayat atau yang dikenal juga dengan nama Ki Ageng Pandanaran, salah satu tokoh penyebar agama Islam yang juga adalah murid dari Sunan Kalijaga.

Yang menarik, makam ini berada di lingkungan yang asri diatas perbukitan Gunung Jabalkat. Kompleks pemakaman ini adalah salah satu yang termegah di era Kerajaan Mataram.

Untuk sampai ke puncaknya, Anda mesti menapaki 250 anak tangga dan melewati gapura yang kental dengan nuansa Hindu—yang menunjukkan peralihan budaya Hindu ke Islam.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

16. Pusat Kerajinan Tanduk Kerbau

Pusat Kerajinan Tanduk Kerbau

Tertarik dengan kerajinan tangan yang unik? Blusukan aja ke Desa Wisata Keprabon yang terletak di Kecamatan Polanharjo. Desa ini adalah sentra kerajinan tanduk kerbau dan penyu.

Anda tak hanya bisa melihat-lihat dan berbelanja cenderamata, tapi juga bisa mengamati langsung proses pembuatannya.

17. Puncak Clongop

Puncak Clongop

Puncak Clongop sebenarnya masuk ke dalam wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Tapi, jika Anda dari Jogja atau Solo, akses kemari lebih mudah ditempuh dari Klaten melewati jalan penghubung Klaten–Gunung Kidul. Melewati Bayat, sepanjang jalan Anda akan menemukan beberapa tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang dan Curug Indah.

Untuk mencapai Puncak Clongop, Anda mesti melalui jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, pakai kendaraan yang "sehat" dan "powerfull" kalau mau ke sini. Di Puncaknya, Anda akan menemukan panorama pegunungan dan kota Klaten di kejauhan.

18. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo sebenarnya merupakan fasilitas kolam renang yang disediakan oleh Hotel Galuh Prambanan. Lokasinya terletak di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454.

Namun tempat ini sudah dikembangkan oleh pengelola untuk masyarakat luas sebagai wisata anak dan keluarga yang mengasyikkan. Anda dan keluarga dapat berenang di tempat ini dengan berbagai permainan air yang beragam. Di lokasi ini bisa dikatakan sebagai mini waterboom, sehingga banyak orang yang datang ke lokasi ini.

19. Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Setelah menjelajahi aneka tempat wisata di Klaten yang bagus dan eksotis, saatnya Anda mencicipi aneka kuliner Klaten. Nah, salah satu tempat wisata kuliner di Klaten yang enak, terkenal, dan wajib dikunjungi adalah Warung Apung Rowo Jombor Klaten. Disini menyajikan aneka makanan dengan bahan dasar ikan air tawar.

Lokasinya ada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitar 6 – 8 km dari kota Klaten. Untuk mencapai Rawa Jombor Klaten, ada dua rute yang dapat dilalui yaitu lewat jalur barat dan juga lewat jalur timur.

Rute lewat jalur barat: Kota Klaten – pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo, belok kiri / ke arah selatan – Desa Danguran – Desa Glodogan – Desa Jimbung – Rowo Jombor. Rute Lewat jalur timur: Kota Klaten – Stasiun Klaten – By Pass – belok kanan / ke arah selatan – Terminal Klaten yang bari dibangun — Kelurahan Buntalan – Desa Jimbung – Rowo Jombor.

20. Sop Ayam Pak Min Klaten

Sop Ayam Pak Min Klaten

Liburan ke Klaten tak lengkap tentunya tanpa mampir ke Sop Ayam Pak Min yang sangat terkenal. Bahkan cabangnya ada dimana-mana, sampai keluar Klaten seperti Jogja. Masuk ke warung pak Min disini sungguh terasa seperti berada di desa, warungnya masih memakai bambu sebagai tiangnya dan anyaman bambu sebagai dindingnya, sungguh masih sangat tradisional.

Tapi jangan salah, pengunjung disini benar-benar ramai bahkan ada yang rela makan lesehan di atas trotoar yang dialasi tikar, biar lebih santai kata mereka. Memesan menu sop ayam sudah menjadi kewajiban disini, karena memang itu saja menu yang tersedia di sini.

Ada beberapa pilihan bagian ayamnya, bisa memilih daging, uritan, kulit, cakar, kepala, sayap, bruthu dan ati ampela. Semangkuk nasi putih dan semangkuk sop ayam daging disajikan secara terpisah. Sop ayam disajikan dengan kuah bening dengan rasa yang sangat ringan dan segar.

Porsinya yang tidak terlalu besar namun cukup mengenyangkan, dan lagi harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan kualitas rasa yang didapat. Penasaran? Anda bisa mencoba datang di salah satu cabangnya di Jl. Mayor Kusmanto no. 23 Klaten.

Nah, itu dia aneka destinasi wisata di Klaten yang wajib dikunjungi saat mampir ke sana. Sekian dulu info wisata kali ini dari saya. Semoga rekomendasi dan daftar tempat wisata di Klaten Jawa Tengah yang bagus dan menarik tersebut dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

0 comments:

Post a Comment