Thursday, September 22, 2016

20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Karanganyar - Sobat traveler, kali ini saya akan berbagi info tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah. Daftar dan rekomendasi objek wisata yang saya susun ini dilengkapi dengan nama, alamat, review singkat, gambar, dan juga harga tiket masuknya.

Tidak semua tempat rekreasi di Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya saya masukkan ke dalam list ini. Saya hanya memilih tempat wisata yang paling bagus, menarik, dan recommended untuk di kunjungi. Termasuk beberapa tempat baru yang saat ini sedang hits dikalangan anak muda.

Sebagai sebuah wilayah yang dekat dan berbatasan langsung dengan kota Solo atau Surakarta, mungkin banyak orang menyangka bahwa Karanganyar termasuk ke dalam wilayah Solo. Tak ayal, berbagai objek menarik yang ada disini seperti Grojogan Sewu Tawangmangu, akhirnya populer sebagai bagian dari tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi.

Padahal tidak demikian adanya, Karanganyar merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah (read : Jateng). Sebelah barat Kabupaten Karanganyar terdiri atas dataran rendah, yakni lembah Bengawan Solo yang mengalir menuju ke utara.

Sedangkan sisi sebelah timur berupa pegunungan, yakni bagian sistem dari Gunung Lawu. Sebagian besar daerah pegunungan ini masih tertutup hutan. Nah, bagian timur Karanganyar inilah yang memiliki banyak tempat wisata indah dan bagus untuk dikunjungi. Kira-kira tempat wisata apa saja yang ada di Karanganyar Jawa Tengah ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Sedinding (Grojogan Sedinding)

Tempat Wisata Di Karanganyar
Tempat wisata di Karanganyar Air Terjun Sedinding (Foto : IG @anggiparasit)
Ok guys, kita awali jelajah objek wisata terindah di Karanganyar dengan mengunjungi Air Terjun Sedinding. Mungkin kamu masih asing dengan tempat menarik yang satu ini bukan? Ya, karena memang air terjun ini termasuk tempat wisata baru di Karanganyar yang baru-baru ini lagi ngehits di sosial media (baca : medsos) seperti instagram.

Air Terjun Sedinding atau yang biasa disebut Grojogan Sedinding berada di tengah-tengah hutan. Jadi, hampir sudah bisa dipastikan kalau suasananya sangat alami, sejuk, dan belum terjamah tentunya.

Lokasi tepat air terjun ini terletak di Desa Sekarang, Kelurahan Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk mencapai air terjun ini sebaiknya kamu menggunakan kendaraan roda dua (Motor), karena akses jalan menuju kesini hanya sebatas satu mobil saja.

Aktivitas utama disini tentu saja selfie alias foto, karena tempatnya cantik banget guys. Rugi deh kalau sudah jauh-jauh menempuh perjalanan tidak mengabadikan moment disini. Harga tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp.3.000,- per orang. Untuk parkir motor sekitar Rp.2.000,-.

2. Candi Cetho

tempat wisata terindah di karanganyar
Tempat Wisata Terindah Di Karanganyar Candi Cetho (Foto : IG @desenese)
Tempat wisata terindah dan terbaik di Karangayar yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Candi Cetho. Objek wisata candi ini terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Candi Cetho memiliki panjang 190 m dan lebar 30 m dan berada pada ketinggian 1496 mdpl. Karena lokasinya di dataran tinggi, secara otomatis udara disini sangat sejuk dan segar, apalagi masih banyak pepohonan disekelilingnya.

Candi yang masih aktif digunakan untuk melakukan peribadatan umat Hindu ini memiliki arsitektur yang sangat cantik dan indah untuk hunting foto. Banyak foto-foto para traveler di Candi Cetho yang sudah viral di kalangan netizen melalui instagram.

Pas banget ni guys buat tempat liburan akhir pekan kamu di Kabupaten Karanganyar. Oya, untuk harga tiket masuk Candi Cetho dibanderol sekitar Rp.7.000,- per orang. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

tempat wisata terbaik di karanganyar
Tempat wisata terbaik di Karanganyar Grojogan Sewu Tawangmangu (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)
Nah, kalau destinasi wisata yang satu ini tentu sudah banyak yang mengenalnya bukan? Siapa seh yang tak kenal dengan Grojogan Sewu Tawangmangu yang menjadi salah satu ikonnya tempat wisata di Jawa Tengah. Hampir setiap liburan, air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun di Karanganyar yang paling terkenal ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Bisa dibayangkan, bagaimana indahnya air yang jatuh dari ketinggian tersebut bukan? Betapa eksotis dan indah tentunya.

Lokasinya yang berada di ketinggian Tawangmangu, membuat udara disini terasa sejuk dan segar. Apalagi masih banyak pepohonan di sekitar. Oya, ketika kamu memasuki tempat ini akan disambut oleh monyet atau kera jinak. Jadi harus hati-hati ya guys, jangan mengusili kera-kera tersebut.

Kamu tahu gak kenapa disebut Grojogan Sewu? Konon kabarnya, dinamakan Grojogan Sewu karena karena debit air terjun ini cukup besar, bahkan saat musim kemarau pun tetap mengalir deras. Oleh karena itu lah air terjun ini diberi nama Gerojogan Sewu yang artinya Pancuran Seribu, atau ribuan air yang mengalir kebawah.

Namun, ada juga sumber yang menyatakan bahwa nama Gerojogan Sewu berasal dari Seribu Pecak, atau satuan jarak yang digunakan pada zaman dulu. Satu Pecak panjangnya sekitar satu telapak kaki orang dewasa. Jadi apabila diukur ketinggian air terjun tersebut bisa lebih dari seribu Pecak.

Fasilitas di objek wisata ini sangat lengkap guys, ada waterpark mini untuk anak anak, tempat istirahat, warung makan yang menawarkan makanan khas sate kelinci hingga kolam renang. Namanya juga objek wisata unggulan jadi pengelolaannya yang harus profesional, ya gak guys? Hehe.

Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp.18.000,- per orang. Untuk jam bukanya biasanya sampai pukul 16.00 WIB. Jadi, buat kamu yang ingin menikmati air terjun ini jangan sampai datangnya kesorean ya, lebih baik datang pagi biar bisa menikmati air terjun lebih lama sambil foto-foto.

4. Air Terjun Jumog

 Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog (Foto : IG @polonekoplak)
Selain Grojogan Sewu Tawangmangu, ada satu lagi air terjun indah di Karanganyar yang wajib kamu datangi, yaitu Air Terjun Jumog. Memang, bila dilihat dari ketinggiannya hanya sekitar 30 meter, namun pesona keindahan alam yang dipancarkan sangat mengagumkan.

Bahkan, menurut beberapa info, setiap pukul 10 pagi akan muncul pelangi disini. Bikin penasaran bukan? Apalagi lingkungannya masih asri dan sejuk, pas buat menenangkan diri dari keramaian kota. Bahkan karena keindahannya yang eksotis, Air Terjun Jumug pun dijuluki The Lost Paradise (surga yang hilang) oleh warga setempat.

Untuk sampai ke lokasi wisata alam ini, kamu harus terlebih dahulu melewati 116 anak tangga lho guys, dan tentu saja bayar retribusinya dong. Harga tiket masuk Air Terjun Jumog tergolong murah meriah, hanya dibanderol sebesar Rp.5.000,- (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Tak jauh dari lokasi air terjun, sekitar 500 meter kamu juga bisa mengunjungi Candi Sukuh. Jangan lupa bawa kamera dengan full baterai kalau kamu liburan ke sini.

5. Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Hutan Pinus Sekipan

Hutan Pinus Sekipan
Hutan Pinus Sekipan (Foto : IG @danarsibolang)
Bagi kamu yang suka camping atau kemah, jangan sampai melewatkan berkemah di Buper Camping Lawu Resort. Tempatnya benar-benar alami dan asyik banget guys. Lokasinya juga tak begitu jauh dari Grojogan Sewu, jadi kamu bisa sekalian berkunjung ke air terjun ini.

Buper ini biasanya digunakan untuk camping oleh para pelajar, mahasiswa maupun dari kalangan lainnya. Udaranya yang sangat sejuk dan pemandangannya yang indah menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Buper ini dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama buper Sekipan. Untuk alamat lengkapanya yaitu Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Jika kamu berkunjung kesini, jangan sampai melewatkan spot cantik hutan pinusnya.

Keindahan hutan pinus Sekipan ini bisa dibilang tak kalah bagus dengan hutan pinus Mangunan yang telah tersohor sebagai ikon baru tempat wisata di Jogja. Banyak sekali anak muda yang mengunggah foto di instagram dengan latar hutan pinus Sekipan.

6. Telaga Madirda

Telaga Madirda
Telaga Madirda (Foto : teamtouring.net)
Selain terkenal akan keindahan air terjun dan candinya, Karanganyar ternyata juga punya sebuah telaga cantik yang tersembunyi. Namanya Telaga Madirda yang terletak di Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Telaga Madirda memang tak begitu luas, namun keindahan panorama bukit-bukit hijau yang mengelilinginya membuat tempat ini wajib kamu kunjungi. Airnya yang jernih dan debit airnya yang tak berubah meskipun musim kemarau, menambah deretan keunikan Telaga Madirda.

Harga tiket masuk untuk berkunjung ke Telaga Madirda masih gratis guys, namun hal utama yang wajib kamu perhatikan adalah menjada kebersihan. Jangan buang sampah sembaranga disini ya!. Fasilitas yang tersedia masih minim, namun tidak jauh dari telaga tersedia toilet dan warung sederhana yang dikelola oleh penduduk.

Baca Juga :  35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

7. Tahura Ngargoyoso

Tahura Ngargoyoso
Tahura Ngargoyoso (Foto : IG @ferydwitanta)
Taman Hutan Raya atau Tahura Ngargoyoso merupakan tempat yang pas untuk melepaskan penat dari panas dan keramaian kota Solo. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang alami, membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri.

Kamu juga bisa menikmati beberapa objek wisata yang menarik di sekitar Tahura seperti candi Sukuh, air terjun Parang Ijo, Kandang Rusa, dan situs Watu Bulus.

Ada juga sebuah taman dengan kanopi yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang bisa digunakan untuk santa-santai bersama keluarga atau sahabat. Untuk harga tiket masuknya cukup murah meriah kok, nyaman di kantong.

Oya, nama sebenarnya Tahura Ngargoyoso adalah Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I. Lokasinya terletak di dusun Sukuh, desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Selain sebagai hutan wisata, Tahura di Ngargoyoso ini juga berfungsi untuk tempat penelitian.

8. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah
Agrowisata Amanah (Foto : agrowisataamanah.com)
Agrowisata Amanah merupakan tempat wisata keluarga dan anak terbaik di Karanganyar dengan jarak 34.4km dari Kota Surakarta, dikelilingi pemandangan Gunung Lawu nan indah permai. Udaranya yang sejuk dan segar dapat menghilangkan kepenatan dan membuat kamu sekeluarga segar kembali.

Fasilitas yang tersedia disini cukup lengkap, meliputi restoran, bakery, homestay, perkebunan organik, peternakan, perikanan, ruang meeting, tempat parkir yang luas, dan berbagai wahana permainan lainnya.

Alamat dan lokasi Agrowisata Amanah terletak di Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar. Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan mulai dari kidbond (wisata edukasi), outbond dewasa/remaja, flying fox, ATV, wall climbing, jembatan Ogal Agil, dan masih banyak lagi.

9. Grojogan Pringgodani

Grojogan Pringgodani
Grojogan Pringgodani (Foto : karanganyarkab.go.id)
Grojogan Pringgodani atau air terjun Pringgodani menawarkan keindahan berupa 2 tingkat air terjun berketinggian lebih dari 100 m. Air terjun yang indah ini jauh lebih tinggi dan lebih eksotis dari pada air terjun Grojogan Sewu.

Namun karena lokasinya yang jauh dari jalan raya, medannya yang berat dan tidak bisa dijangkau dengan kendaraan maka sampai saat ini, air terjun Pringgodani belum dapat dikelola secara maksimal. Alamat tepatnya terletak di Kelurahan Blumbang, kira-kira 4 kilometer dari terminal Tawangmangu.

Konon kabarnya, air terjun Pringgodani merupakan petilasan Eyang Cokronegoro, di sebelahnya terdapat mata air sendang pengantin yang disakralkan, terdiri atas tujuh kucuran air dari lereng bukit.

Sendang itu sendiri berada di atas air terjun, dan tempat inilah yang biasa dikunjungi sedangkan air terjunnya hanya bisa dilihat dari kejauhan karena lokasinya yang sulit dijangkau. Untuk dapat mencapai lokasi pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan naik turun di pinggir tebing curam sejauh sekitar 1 km dari jalan raya.

10. Candi Sukuh

Candi Sukuh
Candi Sukuh (Foto : jalansolo.com)
Candi Sukuh merupakan candi bercorak hindu yang terletak di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu membuat udara di sekitar candi ini terasa sejuk.

Candi Sukuh memiliki struktur bangunan yang unik, tidak sama dengan candi-candi lain di Indonesia. Katanya seh menurut info yang saya terima, struktur Candi Sukuh ini lebih mirip dengan bangunan suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru.

Amazing bukan guys? Tak heran jika candi ini sering dipakai untuk foto pre-wedding. Untuk harga tiket masuknya dibanderol sekitar Rp.7.000,- per orang.

11. Perkebunan Teh Kemuning
Perkebunan Teh Kemuning
Perkebunan Teh Kemuning (Foto : Sunaryo HB/JIBI/Solopos)
Tempat wisata terindah di Karanganyar berikutnya yang wajib kamu sambangi adalah Perkebunan Teh Kemuning id kecamatan Ngargoyoso. Pemandangannya indah banget guys, sejauh mata kamu memandang akan disuguhi landscape hijaunya perkebunan teh yang eksotik.

Suasana alami dengan udara yang sejuk ala pegunungan benar-benar bisa kamu rasakan disini. Jika kamu berkunjung kesini, sempatkanlah mampir ke sebuah resto yang bernama Ndoro Dongker. Warung ini cukup populer dikalangan wisatawan dan sering digunakan sebagai tempat pertemuan keluarga atau komunitas tertentu.

Bagi kamu yang suka banget sama wisata ekstrem, disekitar sini ada juga spot untuk paralayang. Tepatnya di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar. Bagaimana guys? Tertarik bukan untuk kesini?

12. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro
Agrowisata Sondokoro (Foto : armadia.wordpress.com)
Ada satu lagi agrowisata di daerah Karanganyar yang cocok untuk tempat liburan anak dan keluarga, namanya Agrowisata Sondokoro. Ada banyak wahana bermain untuk anak-anak yang tersedia disini seperti kolam renang, waterboom dan aneka wahana bermain lainnya.

Kamu juga bisa bermain flying fox di agrowisata ini. Kamu juga bisa berkeliling area wisata menggunakan kereta tua yang tersedia. Dan ada satu lagi tempat yang unik disini guys, yaitu kolam berisi ikan yang digunakan untuk terapi ikan.

Agrowisata Sondokoro terletak di area pabrik tebu Tasik Madu, Karanganyar. Harga tiket masuk Agrowisata Sondokoro cukup murah meriah, hanya sekitar Rp.5.000,- per orang. Jam buka biasanya mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

13. Air Terjun Parang Ijo


Air Terjun Parang Ijo
Air Terjun Parang Ijo (Foto : jalansolo.com)

 Kondisi geografis Karanganyar sebelah timur yang berada di dataran tinggi dan lereng Gunung Lawu, membuat kecamatan ini kaya akan objek wisata air terjun yang indah dan cantik. Salah satu air terjun bagus di Karanganyar yang tak boleh dilewatkan adalah air terjun Parang Ijo.


Lokasi air terjun Parang Ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Dapat ditempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho.

Air terjun yang berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 50 m ini memancarkan keindahan alami yang sejuk dipandang mata. Disini juga tersedia beberap fasilitas tambahan seperti Menara atau Gardu Pandang, area taman bermain, kolam renang dan juga warung penjaja makanan.

Air Terjun Parang Ijo sepertinya dikelola oleh masyarakat setempat. Kalau kamu berkunjung kesini akan dikenai tarif masuk sekitar Rp.2.500,- per orang.

14. Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Pemandian Sapta Tirta Pablengan
Pemandian Sapta Tirta Pablengan (Foto : mengejarasa.com)
Tak kalah dengan daerah lain seperti Kebumen dan Jogja yang kaya akan objek wisata pemandian, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah juga punya pemandian yang menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Pemandian Sapta Tirta Pablengan.

Pemandian Sapta Tirta terletak di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Di tempat ini terdapat 7 sumber mata air yang masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.
  • Sumber Air Bleng yang airnya digunakan sebagai bahan pembuatan karak atau kerupuk.
  • Sumber Air Kasekten, airnya dipercaya dapat menambah kekuatan dan mensucikan badan. 
  • Sumber Air Mati yang dianggap unik sebab airnya selalu tetap, tidak bertambah dan tidak berkurang, namun konon kabarnya air dari sumber ini tidak boleh digunakan untuk mandi, cuci muka apalagi diminum. 
  • Sumber Air Urus-Urus yang airnya digunakan untuk memperlancar buang air besar atau obat pencuci perut. 
  • Sumber Air Hangat, airnya dipercaya dapat menyucikan badan sekaligus untuk mengobati berbagai penyakit kulit, gatal-gatal, dan rematik. 
  • Sumber Air Hidup yang airnya dipakai untuk membasuh muka agar seseorang awet muda dan tampak cantik penampilannya.
  • Sumber Air Soda, yang airnya berasa soda alami dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam seperti ginjal, TBC, liver serta gula.
Bagi kamu yang akan berkunjung kesini, siapkan saja uang sekitar Rp.3.000,- untuk tiket masuk. Jam buka Pemandian Sapta Tirta Pablengan biasanya pukul 09.00 - 16.00 WIB.

15. Puncak Gunung Lawu, Cemoro Sewu, dan Cemoro Kandang

Puncak Gunung Lawu
Puncak Gunung Lawu (Foto : matajatim.com)
Buat kamu yang hobby mendaki gunung, menaklukkan puncak Lawu tentu akan mempunyai kesan tersendiri. Lokasi jalur pendakian ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan jawa Timur.

Kalau kamu belum biasa mendaki gunung, sebaiknya di dampingi oleh pendaki yang sudah berpengalaman. Mendaki gunung manapun butuh persiapan yang matang serta pengalaman yang mumpuni, termasuk bila kamu akan mendaki Gunung Lawu.

Pada umumnya para pendaki akan memulai mendaki dari pos di Cemoro Sewu dan nantinya berakhir di Cemoro Kandang. Di setiap pos biasanya ada warung yang menjual dagangan atau minuman hangat seperti kopi. Namun, alangkah baiknya bila kamu menyediakan bekal dari rumah untuk jaga-jaga.

Yang unik dari pendakian Gunung Lawu adalah adanya warung yang bernama Warung Mbok Yem yang berlokasi pada jalur pendakian sebelum sampai puncak Lawu. Keberadaan warung ini tentu saja akan sangat membantu para pendaki yang sedang kelelahan ketika menuju puncak.

16. Pemandian Air Hangat Cumpleng

Pemandian Air Hangat Cumpleng
Pemandian Air Hangat Cumpleng (Foto : triptrus.com)
Satu lagi pemandian di Karanganyar yang tak boleh dilewatkan begitu saja, yaitu Pemandian Air Hangat Cumpleng. Lokasi pemandian ini terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, berjarak sekitar 26 kilometer dari Kota Karanganyar.

Meskipun tak sebagus pemandian air panas Guci di kawasan wisata Tegal, Pemandian Air Hangat Cumpleng ini bisa menjadi alternatif untuk relaksasi di kawasan Tawangmangu. Pas banget berendam air hangat untuk mengusir hawa dingin di sekitar tempat ini.

17. Taman New Balekambang Tawangmangu

Taman New Balekambang Tawangmangu
Taman New Balekambang Tawangmangu (Foto : wisatasenibudaya.com)
Ini dia tempat wisata baru di Karanganyar yang paling bagus, namanya Taman New Balekambang Tawangmangu. Meskipun namanya sama dengan Taman Balekambang di kota Solo, namun ini merupakan tempat yang beda guys.

Apa seh keunikan Taman New Balekambang ini? Taman ini menyajikan aneka miniatur objek wisata di negara-negara dunia. Kamu bisa menemukan miniatur Bukit Hollywood-nya Amerika, Tembok Besar China, Menara Eiffel dan gerbang Arch de Triomphe Perancis, Candi Borobudur Indonesia, Piramid dan Sphinx Mesir, maupun patung Merlion-nya Singapura.

Walaupun ukurannya tak sebesar ukuran aslinya, namun bangunan miniatur ini cukup bagus untuk dijadikan latar buat selfie atau narsis. Tak heran jika taman ini dipenuhi para remaja dan anak muda yang hobby berfoto-foto. Harga tiket masuknya sekitar Rp.12.000,- per orang.

18. Astana Giribangun

Astana Giribangun
Astana Giribangun (Foto : arisonang.wordpress.com)
Bagi kamu yang suka wisata ziarah ke makam orang-orang terkenal, ada neh tempat menarik di Karanganyar yang harus kamu kunjungi yaitu Astana Giribangun. Di tempat inilah Presiden Kedua Indonesia Soeharto dimakamkan.

Astana Giribangun merupakan komplek makam keluarga yang dibangun diatas sebuah bukit. Tempat pemakaman ini terletak di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Disini juga terdapat makam Ibu Tin Soeharto, istri beliau. Astana Giribangun sering dikunjungi oleh warga masyarakat yang ingin mengenang jasa-jasa beliau dalam membangun Indonesia.

19. Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso

Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso
Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso (Foto : senatahadventure.blogspot.co.id)
Di Karanganyar Jawa Tengah ternyata ada wisata tubing yang tak kalah asik dan seru bila dibandingkan dengan tubing Goa Pindul di Gunung Kidul Jogja yang sudah tersohor. Kamu tahun apa itu river tubing bukan?

River Tubing atau biasa disingkat "tubing" merupakan aktivitas wisata yang berupa menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Peralatan yang digunakan sebagai standard keselamatan setara dengan rafting yaitu dengan menggunakan helm dan pelampung.

Kegiatan tubing di Karanganyar terletak di area Banyu Bening Arena yang berada di Desa Punthukrejo Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Selama kamu menempuh jalur tubing ini, kamu akan dapat menikmati dinginnya air sungai jernih dan pemandangan disekitar sungai yang berupa bebatuan khas pegunungan serta mungkin pepohonan.

Bagi kamu yang akan mencoba river tubing sebaiknya dilakukan secara rombongan agar lebih seru. Kamu bisa mengajak teman, kolega, atau pun keluarga untuk menyusuri sungai disini. Untuk sekali trip harganya sekitar Rp.20.000,- (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Di Banyu Bening Arena kamu juga bisa menikmati aneka permainan outdoor seperti kolam renang, bola air, rumah pohon, taman bermain, dan aneka permainan lain yang tak kalah menantang. Bila kamu lapar, tersedia juga resto dengan menu-menu pilihan, nama restonya adalah "Goasari Resto".

20. Goa Tlorong

Goa Tlorong
Goa Tlorong (Foto : IG @syahid_abdurahman)
Goa Tlorong terletak di desa Lempong Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Goa alami ini memiliki ukuran mulut goa 2 m x 1,5 m. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah dengan latar Gunung Kembar membuat goa ini patut kamu kunjungi.

Goa Tlorong memiliki panjang sekitar 200 meter. Kondisi dalam goa yang masih gelap serta jalannya yang sempit tertutup dengan stalagtit, menjadikan petualangan kamu semakin seru. Petualangan itu terbayar dengan pemandangan di dalam goa yang begitu indah.

Jika kamu memasuki goa ini sebaiknya membawa sandal yang anti selip karena medannya disini terasa licin. Selama ini keberadaan goa belum tersentuh pengembangan potensi wisata di Karanganyar. Padahal jika dikembangkan tentu akan semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Demikianlah sederet objek wisata menarik yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bagi kamu yang punya info lain tentang tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah

1 comments:

  1. http://www.maslukis.com/2017/04/penghasilan-tambahan-dari-ponsel-kamu.html

    ReplyDelete