Saturday, August 20, 2016

12 Pantai Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Lagi Ngehits

Pantai Di Kebumen - Ini dia daftar tempat wisata pantai indah dan bagus di Kebumen Jawa Tengah yang Lagi Ngehits banget. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Kabupaten Kebumen dan sekitarnya kaya akan pantai cantik nan eksotis. Bahkan ada yang berpasir putih layaknya pantai-pantai di Bali dan pesisir selatan Jogja.

Nah, bagi kamu yang sedang berada di kota Kebumen, tak ada salahnya menikmati liburan akhir pekan dengan menikmati keelokan pantai yang ada disini. Tempat Plesir telah menyiapkan rekomendasi deretan pantai terkenal yang ada di Kebumen Jawa Tengah untuk referensi liburan kamu.

Daftar Pantai Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Lagi Ngehits

1. Pantai Menganti

pantai indah dan bagus di kebumen
Pantai indah dan bagus di Kebumen yaiitu Pantai Menganti (Foto : @raniayukusumadewi)
Inilah pantai terindah di Kebumen yang lagi ngehits belakangan ini, namanya Pantai Menganti. Objek wisata pantai ini relatif tersembunyi karena lokasinya memang dikelilingi bukit sehingga membuatnya seakan terhalang dari pandangan wisatawan.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Kebumen. Untuk jaraknya kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen.

Pantai Menganti rasanya pantas masuk dalam daftar tempat wisata yang bagus di Kebumen. Pasir putih dengan pemandangan indah dari atas bukit membuat siapa saja akan terpesona. Dengan dikelilingi perbukitan dan tebing nan hijau, pantai Menganti ini jadi tampak seperti panorama di Selandia Baru (New Zealand).

Sebenarnya lokasi pantai ini hanya sekitar 7 kilometer dari Pantai Logending atau Pantai Ayah namun tak banyak wisatawan yang mau datang ke pantai ini. Alasannya adalah akses menuju pantai ini lumayan cukup sulit. Kamu harus melewati jalanan yang terjal sebelum sampai ke lokasi.

Namun, itu cerita masa lalu, saat ini akses menuju ke sana mulai diperbaiki dan jalan pun sudah diaspal mulus. Hanya saja rute tetap berliku-liku dan sempit. Lokasinya yang masih relatif sepi cocok buat Anda dan keluarga bersantai seharian di pantai.

Pantai pasir putih di Kebumen ini menawarkan banyak kegiatan seperti menikmati pemandangan yang eksotis. Kamu juga bisa berkunjung ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, dan Tanjung Karangbata yang berada di sekitar pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Menganti terbilang cukup lengkap. Disini sudah tersedia warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, dan mck. Kamu juga bisa menikmati makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat.

2. Pantai Gebyuran

pantai indah di kebumen
Pantai Indah Di Kebumen bernama Pantai Gebyuran (Foto : @danifozyl)
Masih berada di Kecamatan Ayah, lebih tepatnya di desa Pasir ada sebuah pantai mungil yang wajib kamu kunjungi. Pantai ini bernama Pantai Gebyuran yang terletak di sebelah barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter tenggara Pantai Pasir.

Pesisir pantainya memang tak terlalu luas dengan ukuran tidak lebih dari 100 meter. Ditambah lokasinya yang terjepit membuat pantai ini belum banyak terjamah oleh para wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan ombak yang lebih landai lantaran banyak karang yang menjadi pemecah ombak alami di tengah laut.

Karena masih tergolong sepi, kamu akan merasakan sensasi di pantai pribadi. Dengan tebing-tebing batu yang tinggi membuat Pantai Gebyuran semakin pas untuk menenangkan diri.

Oya, di sekitar objek wisata ini terdapat ceruk kecil yang mirip goa. Mungkin kamu bisa berteduh di balik ceruk ini. Pantai Gebyuran juga terkenal dengan pesona senja yang sangat cantik.

3. Pantai Ayah atau Pantai Logending

Pantai Ayah atau Logending
Pantai Ayah atau Logending (Foto : flickr.com)
Nah, kalau pantai yang satu ini adalah objek wisata di Kebumen yang sering dikunjungi wisatawan. Pantai Ayah atau yang sering disebut Pantai Logending ini terletak di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Pantai Ayah menyuguhkan suasana alam yang istimewa dan unik. Kalau biasanya pantai identik dengan pohon kelapa, maka tidak demikian adanya dengan Pantai Ayah.

Pantai Ayah mengkombinasikan antara pantai dengan pohon jati. Pantai ini dikelilingi oleh hutan jati dan menjadi muara sungai Bodo. Dengan area yang luas, membuat kamu lebih leluasa untuk menikmati keindahan Pantai Ayah.

Ada banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan bersama teman atau keluarga disini, seperti bermain bola, volly pantai atau sekedar bersantai menikmati suasana indah pesisir. Beberapa perahu nelayan juga berderet rapi, siap mengantarkan wisatawan menyusuri sungai Bodo.

4. Pantai Surumanis

pantai di kebumen yang lagi hits
Pantai Surumanis, salah satu pantai di Kebumen yang lagi hits (Foto : @wiwidwa)
Tak dapat dipungkiri, sebagian besar tempat wisata yang ada di Kebumen memang berupa pantai. Selain Pantai Ayah, ada lagi pantai indah di Kebumen yang tak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Pantai Surumanis.

Pantai yang berada di kawasan Desa Pasir, Kecamatan Ayah ini bakal menghiburmu dengan deburan ombak khas pantai selatan. Tebing batu yang menghiasi pantai ini cocok banget untuk foto-foto ala anak kekinian.

Untuk rute menuju Pantai Surumanis, kamu langsung saja meluncur ke Pantai Pecaron. Pantai Surumanis berada tepat di sebelah timur Pantai Pecaron. Dari pantai Pecaron kamu masih harus berjalan sejauh 1 km dengan melewati jalan yang terjal dan sulit.

Namun tak usah kuatir, rasa lelah kamu akan sirna seketika begitu sampai dan melihat keelokan Pantai Surumanis. Gak percaya? Coba deh buktikan sendiri, tempatnya asyik dan masih sepi lho!

5. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong Kebumen
Pantai Karangbolong Kebumen (Foto : @prasasti.winnar)
Pantai Karangbolong sangat terkenal di Kebumen, bahkan denger-denger logo Simbol gambar walet di logo Pemkab Kebumen juga tak lepas dari keberadaan ribuan walet di Karangbolong ini.

Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat karang berlubang seperti gua yang ikonik. Dalam bahasa jawa "berlubang" artinya "bolong". Karangbolong artinya karang yang berlubang. Mungkin seperti itu asal mula nama Pantai Karangbolong dan Gua Karangbolong.

Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai ini menawarkan pemandangan ganasnya ombak pantai selatan, spot hunting foto dengan latar belakang karang yang berlubang, dan bisa menjadi tempat bersantai dan bermain air di pantai.

Hal menarik lain yang dapat ditemukan di pantai ini tentu saja adanya sebuah goa yang menjadi tempat walet-walet membuat sarang. Sarang walet ini adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar Kabupaten Kebumen.

Medan yang sulit dan berbahaya, membuat kamu tidak bisa memasuki goa walet ini sembarangan. Penduduk setempat yang hendak memanen walet bahkan mengadakan tradisi ngunduh sarang walet agar diberi keselamatan.

Namun, tak usah kuatir, kamu akan tetap bisa melihat proses memanen walet. Hanya saja di goa walet tiruan yang tentu akan menambah pengetahuan kamu tentang itu.

6. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung
Pantai Karang Agung (Foto : diasporaiqbal.blogspot.com)
Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Agung memang dipenuhi batu karang sepanjang pantai. Mengunjungi pantai ini seakan mengingatkanmu pada salah satu tempat wisata terkenal di Bali yang bernama Tanah Lot.

Bebatuan karang menjulang, menghamparkan pemandangan alam yang indah dan menarik. Apalagi ditambah deburan ombak pantai selatan yang memecah karang. Sungguh cantik mempesona.

Untuk menikmati pantai di Kebumen yang masih sepi dan jarang dikunjungi ini bisa kamu harus melewati jalan setapak selama sekitar setengah jam dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Harga tiket masuk pantai sekitar Rp.5.000,-.

Baca Juga : 14 Air Terjun Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi

7. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron
Pantai Pecaron (Foto : @aaniindiitaa)
Pantai Pecaron yang terletak di sebelah timur Pantai Menganti. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melalui bukit yang cukup terjal. Akses jalan ke pantai ini pun masih kurang bagus karena baru dibuka.

Namun kamu tak usah kuatir, karena perjuangan beratmu akan terbayar dengan keindahan Pantai Pecaron yang masih sunyi, hanya suara debur ombak yang bersahut-sahutan memecah keheningan. Serasa di private beach gitu deh.

8. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan Kebumen
Pantai Petanahan Kebumen (Foto : @sidaariyanti)
Lokasi Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan. Airnya yang jernih dan pantainya yang luas membuat kamu bisa menikmati deburan ombak dan menyaksikan hamparan laut selatan sampai puas.

Selain berjalan-jalan menelusuri pantai yang begitu luas, kamu juga bisa duduk-duduk santai di pantai yang penuh dengan tumbuhan cemara dan pohon pandan ini. Duduk bercanda dan bercengkrama bersama teman dan keluarga sambil menyaksikan birunya laut tentu sangat menyenangkan bukan?

Pantai Petanahan biasanya ramai dikunjungi ketika musim libur lebaran. Harga tiket masuknya cukup murah meriah yaitu Rp.3.000,- bagi pengunjung dewasa dan Rp.2.000,- untuk anak-anak.

9. Pantai Suwuk

pantai bagus di kebumen
Pantai Bagus Di Kebumen yang bernama Pantai Suwuk (Foto : @seepitung)
Kamu dapat mencapai pantai ini setelah menempuh jarak sekitar 50 km dari pusat kota Kebumen. Pantai Suwuk ini termasuk tempat wisata di Kebumen yang ramai pengunjungnya. Mungkin karena lengkapnya fasilitas yang tersedia disini.

Di Pantai Suwuk kamu bisa menemukan sebuah pesawat Garuda Boeing 737 yang menjadi keunggulan dari pantai ini. Oya, lokasi Pantai Suwuk terletak di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebemen. Harga tiket masuknya relatif murah cumu 3 ribu rupiah untuk dewasa, dan 2 ribu rupiah untuk anak-anak.

10. Pantai Lampon

Pantai Lampon Kebumen
Pantai Lampon Kebumen (Foto : @nadiadiii)
Pantai Lampon termasuk salah satu pantai bagus di Kebumen yang masih terbilang sepi dan belum terjamah. Pantai yang tidak begitu luas ini kondisinya masih alami. Suasana yang sunyi akan membuat kamu merasa di tengah pantai pribadi milik sendiri (private beach).

Dengan pasir yang berwarna kecoklatan, pantai ini wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin mendapatkan ketenangan dari hiruk-pikuk kota dan kesibukan. Selain menawarkan suasana hening dan pesona pasir pantai, pantai ini juga menyuguhkan keindahan tebing-tebing batu yang keren buat foto-foto.

Pantai Lampon berada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah. Untuk parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah. Bagi kamu yang akan kesini harap bawa bekal dari rumah ya, karena belum ada warung makan dan sejenisnya.

11. Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo
Pantai Lembupurwo (Foto : @dhidik84)
Masih ada satu pantai indah lagi di Kebumen yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Pantai Lembupurwo. Lokasi pantai ini berada di Desa Lembupurwo, bagian sebelah timur dari pusat kota Kebumen.

Akses jalan untuk menuju objek wisata ini sudah sangat bagus dan mudah untuk dilalui menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun pantai ini berpasir hitam namun dengan air laut yang bersih akan membuat kamu betah untuk berlama-lama disini.

Kamu bisa bersantai sambil menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi. Akan bertambah nikmat lagi jika sambil makan tempe mendoan dengan rasa khas dari daerah sini. Kamu juga bisa nyobain rempeyek undur-undur yang konon kabarnya mirip seperti rasa udang.

12. Pantai Bopong

Pantai Bopong
Pantai Bopong (Foto : explorekebumen.com)
Pantai Bopong terletak di Surorejan, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki laguna alami yang keren buat dijadikan objek foto maupun untuk berenang. Keberadaan laguna ini belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bopong.

Ketika kamu berkunjung ke pantai ini, coba deh berjalan ke arah sebelah timur Pantai Bopong sampai menemui kawasan yang dilalui aliran sungai. Nah aliran sungai meliuk-liuk inilah yang kemudian membentuk semacam kedung berisi air jernih yang disebut sebagai laguna.

Nah, itu dia aneka wisata pantai di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi. Keren dan kece-kece bukan pantainya? Oya, bagi kamu yang punya info baru tentang pantai indah dan bagus di Kebumen lainnya jangan lupa share melalui kolom komentar ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Pantai Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Lagi Ngehits

0 comments:

Post a Comment