Monday, September 3, 2012

Malioboro Sebagai Pusat Belanja Wisata Di Yogyakarta

Malioboro merupakan nama jalan yang berada di sebelah utara Keraton Yogkakarta. Ujung jalan Malioboro yang satu terhubung dengan jalan Mangkubumi dan dibatasi oleh stasiun kereta api Tugu dan ujung satunya lagi terhubung dengan jalan A.Yani. Dalam areal kawasan Malioboro dan sekitarnya banyak lokasi lain yang dapat dikunjungi misalnya Siti Inggil Keraton Jogjakarta, pasar Beringhardjo, benteng Vredeburg, Gedong Senisono, Museum Sono Budoyo dan lainnya.

Malioboro Jogja (Foto : anekatempatwisata.com)

Kawasan ini menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta dan merupakan pusat destinasi wisata belanja di dunia yang diserbu para wisatawan untuk mencari oleh-oleh khas jogja baik souvenir, baju, atau pun makanan. Kawasan Malioboro sebagai salah satu kawasan wisata belanja andalan kota Jogja, ini didukung oleh adanya pertokoan, rumah makan, pusat perbelanjaan, dan tak ketinggalan para pedagang kaki limanya.

Semarak dan ramainya jalan Malioboro tidak terlepas dari banyaknya pedagang kaki lima yang berjajar sepanjang jalan Malioboro menjajakan dagangannya. Hampir semuanya yang ditawarkan adalah barang/benda khas Jogja sebagai souvenir/oleh-oleh bagi para wisatawan.

Barang-barang yang dapat kita temui disepanjang jalan Malioboro antara lain kerajinan ayaman rotan, kulit, batik, perak, bambu dan lainnya, dalam bentuk pakaian batik, tas kulit, sepatu kulit, hiasan rotan, wayang kulit, gantungan kunci bambu, sendok/garpu perak, blangkon batik (semacan topi khas Jogja/Jawa), kaos dengan berbagai model/tulisan dan masih banyak yang lainnya. Bagi anda yang berkunjung ke jogja, jangan sampai melewatkan Malioboro.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Malioboro Sebagai Pusat Belanja Wisata Di Yogyakarta

0 comments:

Post a Comment