Tuesday, October 6, 2015

10 Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik

Tempat Wisata Di Bandung Selatan - Pesona tempat wisata di Bandung Selatan tak kalah menarik bila dibandingkan dengan kawasan wisata Lembang Bandung. Bandung selatan lebih dikenal sebagai sentra kegiatan agro wisata pertanian dan perkebunan teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pangalengan dan Gununghalu.

Kawasan Wisata Bandung Selatan, khususnya Ciwidey merupakan daerah tujuan wisata yang cukup lengkap di Bagian Selatan Kabupaten Bandung. Ada banyak objek wisata di Bandung Selatan yang dapat Anda kunjungi, mulai dari Kawah Putih Ciwidey, Situ Patenggang, Kebun Strawberry, dan wisata lainnya yang menarik dan asik untuk dikunjungi.

Nah, kira-kira apa saja ya tempat wisata di Bandung Selatan yang terkenal, menarik, dan wajib dikunjungi? Penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya berikut ini. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia rekomendasi 10 tempat wisata di Bandung Selatan yang menarik, terkenal, dan wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Siapa seh yang tak kenal dengan Kawah Putih Ciwidey? Tempat wisata di Bandung Selatan yang satu ini sudah terkenal dikalangan para wisatawan. Bahkan sudah menjadi salah satu ikon wisata Bandung, khususnya kawasan wisata Ciwidey. Tak heran jika tempat wisata ini pun sering disebut sebagai Kawah Putih Bandung.

Kawah putih terletak di desa Sugih, Kecamatan Pasir Jambu. Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari gunung Patuha degan ketinggian 2.434 meter diatas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan keasaman belerang tertinggi yagn ada di dunia. Keunikan yang ada di tempat wisata yang satu ini adalah warna kawahnya yang berwarna putih bisa berubah sesuai dengan kadar belerang.

Sebagai salah satu objek wisata di Bandung yang terkenal, Anda akan mendapati pemandangan alam yang sungguh mempesona di sana. Sejauh mata memandang horizon di depan, terlihat tanah yang berwarna putih laksana salju. Air danau juga berwarna putih kehijauan dengan warna danau yang berubah-ubah sesuai tinggi rendahnya suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.

2. Situ Patenggang (Situ Patengan)

Situ Patenggang

Destinasi wisata di Bandung Selatan yang satu ini juga menyuguhkan Anda panorama alam yang eksotis. Sejauh mata memandang horizon di depan, terlihat hamparan kebun teh hijau laksana sebuah karpet alam yang terbentang indah. Hembusana udara sejuk khas pegunungan dengan siraman hangatnya matahari turut menambah pesona Situ Patenggang.

Ada banyak kegiatan populer yang dapat dilakukan di Situ Patenggang, mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, berkeliling Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekedar berpiknik di pinggiran danau.

3. Situ Cileunca

Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau yang ada di daerah Pangalengan. Danau ini merupakan danau buatan yang dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan. Selain sebagai tempat wisata di Bandung Selatan yang menarik dan menantang, Situ Cileunca juga digunakan sebagai sumber air bagi pembangkit listrik. Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan, yang juga sering digunakan sebagai arena ber-arung jeram / rafting.

4. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Berada pada daerah berketinggian 1.700 meter dpl, Ranca Upas memiliki udara yang sangat sejuk dan menjadi dingin di saat malam. Inilah salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang sangat cocok untuk berkemah serta melakukan banyak kegiatan outdoor yang menyenangkan.

Di sana terdapat pula konservasi penangkaran Rusa Jawa. Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka dan memberi makan rusa-rusa itu. Asik dan seru deh liburan disini.

5. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

Di Rancabali, Anda dapat menikmati panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok dengan hamparan teh yang tertata rapi. Pesonanya semakin kental dengan perbukitan hijau yang mengelilingi perkebunan teh ini.

Objek wisata alam di Bandung Selatan ini mampu memberikan Anda pengalaman wisata yang unik dan berkesan dengan lanskap hijau dedaunan teh laksana permadani alam yang menawan. Hawa segar pegunungan dan latar berfoto yang menawan adalah daya tarik objek wisata di Rancabali.

6. Air Panas Ciwalini

Air Panas Ciwalini

Bersumber dari air panas Gunung Patuha, Anda dapat menikmati sensasi berendam di kolam air air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Anda akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun.

Tersedia dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan privasi, tersedia pula tempat mandi air panas di lokasi ini dengan kondisi yang tertutup. Eksistensi salah satu tempat wisata di Bandung Selatan ini telah dikenal sejak lama di kalangan wisatawan.

7. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey

Buah strawberry merupakan produk agrowisata unggulan yang ada di Bandung Selatan, khususnya Ciwidey. Disana Anda bisa menemukan banyak sekali kebun strawberry yang bisa Anda lihat atau bahkan langsung memtik strawberry sendiri. Pastinya menjadi kesenangan tersendiri ketika Anda bisa memetik sendiri buah strawberry.

8. Kolam Renang Air Panas Cimanggu

Kolam Renang Air Panas Cimanggu

Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami. Salah satunya dimanfaatkan oleh perum perhutani sebagai kolam renang Cimanggu. Kolam Cimanggu memiliki fasilitas parkir yang luas, tempat bermain anak-anak, dll. Ingin membuat badan Anda bisa menjadi lebih segar? Datang saja ke Cimanggu. Disana Anda bisa berendam mulai dari air hangat hingga air yang panas.

9. Perkebunan Teh Malabar
Perkebunan Teh Malabar

Gunung Malabar yang memiliki pesona alam perkebunan teh dengan udara yang sejuk alami, sangatlah cocok untuk kegiatan olah raga jalan kaki / tea walk sambil ber rekreasi. Di tengah-tengah perkebunan terdapat macam-macam bangunan kuno yang masih terawat dengan baik, seperti guest house, perumahan administratur perkebunan pada masa penjajahan.

10. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang

Tempat wisata di Bandung selatan yang satu ini merupakan sebuah wana wisata pemandian air panas alam yang terletak di dalam hutan rimba berbatasan dengan kebun teh. Terletak di kaki gunung Wayang pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 18 derajat celcius. Sangat cocok untuk wisata keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti arena outbound dan waterboom mini.

Nah, itu dia pesona alam kawasan wisata Bandung Selatan yang menarik dan asik untuk liburan. Bagi Anda yang menginginkan suasana udara yang sejuk dengan panorama alam yang indah, tak salah jika memilih kawasan ini untuk liburan bersama keluarga tercinta. Sekian dulu info tempat wisata di Bandung Selatan yang menarik, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik

0 comments:

Post a Comment