Wednesday, April 11, 2012

Tempat Wisata Museum Satwa di Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2)

Museum Satwa ini merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang menyajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba yang di datangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Tujuan didirikannya Jawa Timur Park 2 yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa ini diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi berasal dari awetan satwa yang telah mati.

Jatim Park 2 (Foto : kalamata.me)

Pendirian Museum Satwa didasari kenginan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran terapan kepada pengunjung terutama usia sekolah sebagai pendukung pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitat dan ukuran sesungguhnya. Selain satwa awetan yang ada di masa kini, Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.

Bagi pecinta serangga, anda dapat menikmati Insectarium yang memamerkan koleksi ratusan jenis kupu-kupu, kumbang, belalang, laba-laba, dan serangga lainnya dari berbagai Negara. Setiap hari pengunjung akan diberikan hiburan menarik berupa Ice Live Show yang menceritakan tentang perdamaian dan akibat perusakan alam oleh manusia. Di akhir pertunjukan, anak-anak akan diajak untuk menari dan menyanyi bersama satwa disertai hujan gelembung salju yang dapat menambah keceriaan mereka.

Bagi rombongan sekolah yang ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih lengkap, museum ini menyediakan ruangan Khazanah Pengetahuan Fauna yang didalamnya terdapat perpustakaan mini berisikan buku-buku flora dan fauna sebagai penunjang literatur yang terdapat di signboard yang ada pada tiap-tiap diorama atau informasi yang diberikan oleh petugas yang berada di seluruh area Museum Satwa. Khazanah Pengetahuan Fauna juga dapat digunakan sebagai ruangan pembahasan dan kuis sesuai permintaan rombongan sekolah, dengan hadiah-hadiah menarik bagi pesertanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Wisata Museum Satwa di Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2)

0 comments:

Post a Comment